Friday, October 16, 2009

Sunnah Di jari Kelingking

Assalamualaikum Wr.Wb. Mengikuti semua yang dicontohkan nabi Muhammad SAW adalah disunnahkan bagi kita semua. InsyaAllah semua itu akan membuat kita lebih dekat dengan orang yang kita cintai, dan insyaAllah kita akan bersamanya pula kelak di akhirat nanti. Amin ya Rabb…
Rasulullah SAW mengenakan cincin yang terbuat dari perak di jari kelingking beliau. Sebagaimana penjelasan habibana Munzir sebagai berikut:
Menggunakan cincin adalah sunnah Rasul saw, berpuluh puluh hadits shahih dalam shahih Bukhari, Muslim, Tirmidzi dll. menjelaskan hal itu, sebagaimana diriwayatkan bahwa Cincin Rasul saw itu terbuat dari perak, dan Rasul saw memakai cincin di tangan kanannya, dalam riwayat Imam Tirmidzi juga dijelaskan bahwa Cincin itu kemudian dipakai oleh Abu Bakar Asshiddiq ra, lalu kemudian dipakai Umar ra, lalu ketangan Usman bin Affan ra, lalu terjatuh ke sumur Aris (Assyama’il Imam Tirmidziy hadits no.95)
Pula riwayat lain bahwa Rasul saw memakai cincin terbuat dari perak di jari kelingking beliau saw (Shahih Muslim hadits no.2095), Rasul saw memakai cincin di kelingkingnya (Shahih Bukhari hadits no.5536) Rasul saw melarang menggunakan cincin di jari tengah dan telunjuk (Shahih Muslim hadits no.2078), berkata Anas ra : “bahwasanya cincin Rasul saw ditanganku, lalu setelahku dipakai oleh Abubakar, dan setelah dari tangan Abubakar ra pada tangan Umar, lalu pada tangan Usman, dan terjatuh di sumur Aris, hingga tiga hari kami mencarinya dan kami tak menemukannya” (Shahih Bukhari hadits no.5540).
Alhamdulillah kini sayapun telah mengenakan cincin perak dijari kelingking tangan kanan. Sebelumnya saya sempat menggunakan cincin yang terbuat dari titanium, tapi karena merasa kurang afdol sayapun menggantinya dengan yang terbuat dari perak murni.
Saat kedatangan habibana Munzir ke Banjarmasin, saya sempat tersenyum gembira, karena selain saya, Muhammad Qalbi (Ifan) pun mengenakan cincin yang sama persis dijari kelingking tangan kanannya.
InsyaAllah cincin ini akan terus menjadi salah satu pengingat tanda kasih sayang kita pada Rasulullah saw. Karena sering kali ketika melihat cincin ini saya teringat pada Rasulullah saw, tak terasa solawat dan salam pun terucap untuk beliau.

No comments:

Post a Comment